Logo Sanex

5 Cara Merawat Dispenser Agar Awet 10 Tahun

Cara Merawat Dispenser

Apakah dispenser kamu sering tiba-tiba mati atau tidak mengeluarkan air? Bisa jadi ini merupakan gejala dispenser akan mengalami kerusakan.

Kalau dibiarkan saja tanpa ada tindakan bisa membuat dispenser rusak total dan tidak bisa digunakan lagi. Nah, kalau sudah ke tahap tersebut mau tidak mau kamu harus mengganti dispenser yang baru.

Sebelum hal fatal tersebut terjadi, kamu perlu mengetahui cara merawat dispenser yang baik agar tetap awet hingga bertahun-tahun. Cara merawat dispenser tidak hanya sekedar lap permukaannya saja, ada cara-cara lainnya yang juga penting dan tidak boleh dilewatkan.

Berikut adalah beberapa cara merawat dispenser yang benar agar awet lama:

1. Rutin Bersihkan Dispenser

Membersihkan dispenser secara rutin wajib kamu lakukan minimal satu kali sebulan. Lap permukaan dispenser dengan kain yang lembut dan air hangat. Gunakan sedikit diterjen atau sabun cuci agar bersih dari kotoran.

Tidak itu saja, pastikan kamu juga membersihkan komponen-komponen dispenser bagian dalam agar minuman tidak terkontiminasi dengan bakteri. Untuk mengetahui secara lengkap cara membersihkan dispenser, baca artikel berikut Cara Membersihkan Dispenser.

2. Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Tidak banyak yang tahu jika dispenser galon sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab, sinar matahari dapat meningkatkan suhu pada dispenser yang bisa mengubah kualitas air.

Selain itu, paparan langsung dari sinar matahari bisa memicu endapan hingga pertumbuhan lumut. Inilah alasan mengapa dispenser sulit mengeluarkan air.

Sebaiknya letakkan dispenser galon di tempat yang teduh atau minimal terjauhkan dari sinar matahari langsung. Pastikan juga dispenser dalam keadaan kering dan tidak berada di ruang lembap.

3. Aliran Listrik Stabil

Barang elektronik seperti dispenser akan mudah rusak jika aliran listrik kerap mati atau konslet. Aliran listrik yang tidak stabil dapat membuat komponen-komponen elektronik pada dispenser terganggu.

Sehingga dispenser tidak dapat bekerja dengan baik dan berujung pada kerusakan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, gunakan stabilizer atau UPS (Uninterruptible Power Supply) sebagai pelindung.

4. Jangan Gunakan Langsung Dispenser Baru

Disadur dari Antara News, hindari penggunaan dispenser ketika baru membeli. Disarankan meletakkan dispenser baru di tempat yang datar selama 2-4 jam sambil menunggu oli komproser kembali stabil. Hal ini akan mencegah potensi kerusakan pada komponen elektronik pada dispenser.

5. Cabut Colokan Saat Galon Kosong

Terakhir yaitu mencabut colokan dispenser dari saklar saat galon kosong. Jangan membiarkan dispenser tetap menyala atau beroperasi jika galon kosong. Ini bisa menyebabkan overheating pada motor kompresor yang dapat merusak bagian dalam dispenser.

Demikian cara merawat dispenser luar dalam agar awet hingga bertahun-tahun. Untuk mendapatkan informasi mengatasi dispenser yang bau, kunjungi artikel berikut ini: Cara Mengatasi Air Dispenser Bau.

Sumber:

AntaraNews

Resep Dendeng Sapi

6 Resep Dendeng Sapi Empuk Paling Enak

March 19, 2024

Punya daging sapi tapi bingung mau dimasak apa? Jangan khawatir, kami telah...

Selengkapnya
Regulator Gas Anti Bocor Terbaik

Ini Regulator Gas Anti Bocor Terbaik!

April 25, 2024

Mencari regulator gas anti bocor terbaik untuk temani kegiatan masakmu? Kamu datang...

Selengkapnya

5 Resep Masakan Pakai Rice Cooker Buat Anak Kos

July 22, 2024

Buat anak kos tidak perlu bingung lagi! Rice cooker tidak hanya bisa...

Selengkapnya
Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala

Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala? Ini 7 Jawabannya!

April 15, 2024

Kenapa kompor gas tidak mau menyala saat akan digunakan? Mungkin kamu mengalami...

Selengkapnya