Logo Sanex

5 Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar

Kipas angin di rumah tiba-tiba tidak bisa berputar? Ini adalah masalah yang sering terjadi terutama pada kipas angin yang sudah lama dipakai bertahun-tahun.

Tenang saja, kipas angin yang tidak berputar bisa kembali bekerja secara normal, kok. Kamu tidak perlu khawatir, kami akan membantu memaparkan beberapa cara yang bisa menjadi solusi.

Ikuti langkah-langkah di artikel ini, ya, agar kipas angin bisa berputar kembali normal. Berikut adalah cara memperbaiki kipas angin:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Sebelum membongkar kipas untuk diperbaiki, cari tahu penyebab mengapa kipas angin tidak berputar. Pastikan letak sumber masalah yang menyebabkan kerusakan tersebut. Masalah kipas bisa berbagai macam, kerangka kipas yang tidak awet, dinamo tidak bekerja, hingga switch atau button yang rusak.

2. Bongkar Komponen Kipas Angin

Apabila kamu sudah memastikan tidak ada kerusakan pada bagian luar, seperti kerangka dan tombol kipas, maka kemungkinan letak masalah berasal dari bagian dalam kipas.

Untuk mengetahui itu, bongkar komponen-komponen kipas, seperti dinamo motor, baling-baling kipas, dan badan kipas. Simpan baik baut-baut setelah dilepas agar tidak hilang.

3. Cek Dinamo atau Motor Kipas Angin

Sebagian besar masalah kipas angin yang tidak berputar karena dinamo yang rusak. Untuk mengetahui pastinya, kamu perlu mengecek kondisi motor dengan teliti. Langkah pertama, pastikan dinamo tidak bau hangus atau menyengat. Jika iya, maka ini pertanda serius sehingga menyebabkan kipas angin tidak berputar.

Kemudian, pastikan tidak ada kabel-kabel yang longgar maupun putus. Jika perlu, gunakan multimeter untuk menguji apakah dinamo masih berfungsi dengan baik.

4. Cek Bearing/Bushing Kipas Angin

Setelah cek kondisi dinamo dalam keadaan baik, selanjutnya yaitu cek pada bagian bearing/bushing. Bearing atau bushing yang kotor maupun aus bisa menjadi penyebab kipas angin tidak dapat berputar.

Jika kamu menemukan bagian tersebut aus dan kotor, bersihkan dengan pelumas khusus atau ganti dengan yang baru. Setelah dibersihkan atau diganti baru, lakukan tes dengan menyalakan kipas. Jika baling-baling berputar maka masalah sudah teratasi.

5. Cek Komponen Vital

Periksa juga bagian-bagian yang vital, seperti kapasitor dan saklar kipas. Kapasitor yang lemah atau rusak seringkali menjadi alasan kipas angin mati total atau tidak berputar. Gunakan alat khsuus seperti multimeter untuk mengecek kondisi kapasitor.

Selain itu, saklar kipas yang karatan dan tidak dapat dipencet juga bisa menjadi alasan lain. Jika perlu, ganti tombol dengan yang baru.

Pastikan kamu membersihkan kipas angin dengan rutin agar masalah tersebut tidak terjadi lagi. Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan kipas, baca artikel ini untuk selengkapnya:

Cara Membersihkan Kipas Angin

Sanex Kipas Angin Siwon

5 Rekomendasi Kipas Angin Korea Terbaik 2024

June 6, 2024

Ingin punya kipas angin Korea yang minimalis dan estetik? Tahun 2024, tren...

Selengkapnya
Resep Dendeng Sapi

6 Resep Dendeng Sapi Empuk Paling Enak

March 19, 2024

Punya daging sapi tapi bingung mau dimasak apa? Jangan khawatir, kami telah...

Selengkapnya
Sanex Kipas Angin Meja

9 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik 2024

May 27, 2024

Kipas angin merupakan perangkat terbaik untuk menghadapi cuaca yang panas. Setiap rumah...

Selengkapnya
Sanex Kompor Portable

Rekomendasi Kompor Portable Terbaik 2024

May 31, 2024

Kompor portable populer sebagai perangkat masak yang fleksibel dibawa ke mana saja....

Selengkapnya